Home / Berita / Festival Layangan Boneka Yang Di Gelar Di Sydney.
Festival Layangan Boneka Yang Di Gelar Di Sydney.
Festival Layangan Boneka Yang Di Gelar Di Sydney.

Festival Layangan Boneka Yang Di Gelar Di Sydney.

MetroBendera.com – ” Festival Layangan Boneka Yang Di Gelar Di Sydney. ” Sydney merupakan salah satu kota terbesar yang berada di Australia. Ibu kota negara bagian New South Wales ini memiliki beberapa keunikan. Selain memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, tentunya Sydney juga memiliki beberapa festival yang mengundang banyak orang untuk sekedar menikmati ataupun terlibat langsung dalam acara.

Festival layangan di Sydney adalah salah satu festival unik yang dimaksudkan. Ribuan layangan siap menghiasi langit biru di kota Sydney. Layangan yang diterbangkan pun bukan layangan biasa melainkan layangan boneka yang bsia dikatakan cukup besar. Berikut beberapa foto festival layangan boneka di Sydney yang dimiliki oleh MetroBendera.com.
Terdapat berbagai tipe layang-layang permainan (di Sunda dikenal istilah maen langlayangan). Yang paling umum adalah layang-layang hias (dalam bahasa Betawi disebut koang) dan layang-layang aduan (laga). Terdapat pula layang-layang yang diberi sendaringan yang dapat mengeluarkan suara karena hembusan angin. Layang-layang laga biasa dimainkan oleh anak-anak pada masa pancaroba karena kuatnya angin berhembus pada saat itu.
Di beberapa daerah Nusantara, layang-layang dimainkan sebagai bagian dari ritual tertentu, biasanya terkait dengan proses budidaya pertanian. Layang-layang paling sederhana terbuat dari helai daun yang diberi kerangka dari bambu, kemudian diikat dengan serat rotan. Layang-layang semacam ini masih dapat dijumpai di Sulawesi. Diduga beberapa bentuk layang-layang tradisional asal Bali berkembang dari layang-layang daun karena bentuk ovalnya yang menyerupai daun.
festival-of-winds (1)
Di Jawa Barat, Lampung, dan beberapa tempatlain di [[Indonesia], layang-layang digunakan sebagai alat bantu memancing. Layang-layang ini terbuat dari anyaman daun sejenis anggrek tertentu dan dihubungkan dengan mata kail. Di Pangandaran dan beberapa tempat lain misalnya, layang-layang dipasangi jerat untuk menangkap kalong atau kelelawar.
festival-of-winds (2)

Penggunaan layang-layang sebagai alat bantu penelitian cuaca telah dikenal sejak abad ke-18. Contoh yang paling terkenal adalah ketika Benjamin Franklin menggunakan layang-layang yang terhubung dengan kunci untuk menunjukkan bahwa petir membawa muatan listrik.

festival-of-winds (3)

Layang-layang raksasa dari bahan sintetis sekarang telah dicoba menjadi alat untuk menghemat penggunaan bahan bakar kapal pengangkut. Pada saat angin berhembus kencang, kapal akan membentangkan layar raksasa seperti layang-layang yang akan “menarik” kapal sehingga menghemat penggunaan bahan bakar.

festival-of-winds (4)
festival-of-winds (5)
festival-of-winds (6)
festival-of-winds (7)
festival-of-winds (8)

festival-of-winds (10)
festival-of-winds (11)
festival-of-winds (12)

About admin

Check Also

Untuk Debat Pilkada Putaran Kedua, Hanya Cukup Sekali Saja Menurut KPU DKI

Untuk Debat Pilkada Putaran Kedua, Hanya Cukup Sekali Saja Menurut KPU DKI

MetroBendera.com – ” Untuk Debat Pilkada Putaran Kedua, Hanya Cukup Sekali Saja Menurut KPU DKI ” …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *