Home / Berita / Bahaya Gigi Berlubang Berujung Fatal Bagi Kenyamanan
Bahaya Gigi Berlubang Berujung Fatal Bagi Kenyamanan
Bahaya Gigi Berlubang Berujung Fatal Bagi Kenyamanan

Bahaya Gigi Berlubang Berujung Fatal Bagi Kenyamanan

MetroBendera.com – ” Bahaya Gigi Berlubang Berujung Fatal Bagi Kenyamanan ” – Gigi berlubang pastinya pernah di rasakan sebagian besar orang, biasanya akibat berlubang gigi ini dikarena konsumsi yang berlebihan dan memakan banyak goreng gorenangan yang mengandung banyak minyak.

Bahaya Gigi Berlubang

Bahaya Gigi Berlubang sering sekali dianggap sepele bagi banyak orang. Faktanya, masalah ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit lain, mulai dari masalah pencernaan hingga serangan jantung. Berikut ini kita akan membahas bagaimana cara kita untuk mencegah bahaya dari gigi berlubang ini.

“Proses mengunyah yang tidak sempurna di rongga mulut juga bisa memicu masalah pencernaan di usus dan lambung,” jelas Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak indonesia pusat, Udijanto Tedjosasongko.

Gigi berlubang mengganggu kenyamanan makan dan dapat mengurangi nafsu makan, lanjut Udjianto. Jika dibiarkan, tubuh sangat mungkin kekurangan nutrisi. Bakteri di gigi berlubang juga dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah. Kemudian, plak tersebut bisa mengakibatkan penyumbatan sehingga memicu serangan jantung.

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Pertama, Soal pemilihan waktu menyikat gigi. Menurut Profesor Edmond R Hewlett, menyikat gigi sebaliknya dilakukan dua kali sehari. Waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah pada saat bangun tidur dan sebelum tidur. Selama tidur, produksi air liur yang berfungsi untuk membasuh bakteri dan sisa makanan di mulut berkurang. Akibatnya penyeberan kuman meningkat.

Menyikat gigi yang dilakukan sebelum tidur juga baik untuk menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makanan yang telah dikonsumsi pada hari itu.

“Sikat gigi harus menjadi hal terakhir yang sentuh oleh gigi pada malam hari,” kata Profesor ini.

Pertama-tama posisikan gagang sikat gigi agar miring hingga bulu-bulu sikat sedikit menyentuh ujung permukaan gusi. Kemudian, sikat gigi dengan gerakan memutar untuk menghilangkan plak yang mungkin menempel.

“Sebaiknya setiap kuadran gigi disikat selama lebih kurang 30 detik agar bakteri hilang,” ujar Hewlett. Selain itu pastikan juga sikat gigi berada pada posisi vertikal saat menyikat bagian belakang gigi. posisi sikat gigi seperti ini lebih muda menjangkau seluruh bagian gigi, lanjut Hewlett.

Memilih jenis sikat gigi yang tepat juga penting untuk dilakukan. Sebaiknya, jangan memilih sikat gigi berbulu kasar. Sikat gigi seperti ini dapat membuat lapisan gusi menipis hingga bagian permukaan akar atau dasar gigi terlihat. Dan juga sikat gigi yang dipilih sebaiknya dapat menjangkau sela-sela gigi dan bagian belakang mulut.

 

 

 

About admin

Check Also

Untuk Debat Pilkada Putaran Kedua, Hanya Cukup Sekali Saja Menurut KPU DKI

Untuk Debat Pilkada Putaran Kedua, Hanya Cukup Sekali Saja Menurut KPU DKI

MetroBendera.com – ” Untuk Debat Pilkada Putaran Kedua, Hanya Cukup Sekali Saja Menurut KPU DKI ” …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *