Asal - Usul Yang Di Peringatan Hari Ibu Hingga Saat Ini

Asal – Usul Yang Di Peringatan Hari Ibu Hingga Saat Ini

MetroBendera.com – “Asal – Usul Yang Di Peringatan Hari Ibu Hingga Saat Ini  ” Asal usul peringatan hari ibu yang diperingati tepat hari ini untuk yang ke 102 kalinyas. Hari ibu sangat akrab dengan hadiah, ucapan dan ungkapan kasih sayang kita terhadap ibu kita. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas asal usul mulanya terjadinya peringatan hari ibu.

Awalnya hari ibu dibuat untuk ungkapan berkabung bagi para wanita yang memiliki pasangan berprofesi sebagai prajurit dan gugur karena misi perdamaian. Ketika hari ibu semakin komersial, seorang wanita bernama Anna Jarvis mempertaruhkan dirinya sendiri untuk melawan hal tersebut dan mati miskin dalam sebeuah sanatorium.

Kisahnya berawal dari tahun 1850-an ketika organisasi pekerka wanita Virginia Bara dipimpin oleh Ann Reeves Jarvis. Ibu dari Anna memperingati Hari Ibu untuk meningkatkan kondisi sanitasi. Menekan jumlah kematian bayi, memerangi penyakit dan membatasi kontaminasi susu. Organisasi ini juga cenderung mengobati para prajurit yang terluka akibat Perang Saudara di Amerika Serikat. Perang tersebut pun berlangsung dari tahun 1861 sampai 1865.

Setelah perang telah usai, Ann bersama dengan wanita lainnya membuat Friendship Day. Friendship Day sendiri bertujuan sebagai stratergi untuk mempersatukan bekas-bekas musuh. Pecentus Mother’s Day Proclamation adalah Julia Ward Howe pada tahun 1870. Ia juga menyerukan wanita untuk mengambil peran aktif dalam bidang politik untuk mempromosikan perdamaian. Anna, merupakan peran paling besar terhadap Mother’s Day atau Hari ibu yang sekarang ini kita peringati.

Anna sendiri pun tidak pernah memiliki seorang anak pada masa hidupnya. Namun kematian ibunya di tahun 1905 menginspirasi dirinya untuk memperingati Hari ibu pada 1908. Pada 10 mei di tahun yang sama, banyak keluarga berkumpul di Grafton, Virginia barat yakni kampung halaman Anna. Mereka pun mengubah nama menjadi International Mother’s Day Shrine, seperti yang dikenal di Philadelphia, tempat Anna tinggal saat itu.

Karena usaha dan perjuangannya, Hari ibu kerap semakin dikenal di berbagai kota dan negara lain. Presiden Amerika saat itu, Woodrow Wilson pun secara resmi membuat hari minggu kedua di bulan Mei 1914 sebagai hari libur nasional.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *